SELAMAT MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1443 HIJRIYAH

Inspektorat Daerah Kota Batam

Assalamualaikum Wr. Wb

12 Rabiul awal merupakan hari dimana lahirnya Rasullullah Nabi Muhammad SAW. Bertepatan pada tanggal 19 September 2021 ini kita memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Sebagai umat muslim kita harus terus mengamalkan amalan-amalan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, dengan demikian hati kita tidak akan pernah kosong atas keberadaan beliau. Amalan yang bisa di lakukan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW adalah:

  1. Memperbanyak Shalawat, sebagaimana yang telah dianjurkan bukan hanya saat perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW namun setiap waktu. “Barangsiapa yang mengucapan shalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)nya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan (di surga kelak)”. (HR an-Nasa’i no. 1297)
  2. Bersedekah, perilaku terpuji satu ini bisa dijadikan amalan saat menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW. Tujuan dari melakukan sedekah adalah bentuk rasa syukur kita atas nikmat dan keberkahan yang telah diberikan Allah kepada kita.
  3. Berpuasa, selain dua hal yang telah disebutkan diatas, berpuasa juga menjadi amalan sunnah untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW. Berpuasa pada tanggal 12 Rabiul Awal merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, KetikaaNabi Muhammad SAW ditanya mengapa berpuasa pada hari Senin, Nabi Muhammad SAW menjawab “pada hari itu aku dilahirkan dan hari aku dibangkitkan (atau hari itu diturunkan[Al-qur’an] kepadaku”. (HR. Muslim)

Inspektorat Daerah Kota Batam mengucapkan selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriyah / 2021 Masehi. Mari kita amalkan akhlak Rasulullah Nabi Muhammad SAW.